Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Digelar di Ohmmstay Yogyakarta

Festival Bedhayan 2023, Karya Agung Bangsa Indonesia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Jumat, 05 Mei 2023, 15:06 WIB
Festival Bedhayan 2023, Karya Agung Bangsa Indonesia
Para artis saat konferensi pers Festival Bedhayan 2023/RMOL
rmol news logo Setelah sempat tertunda akibat merebaknya Pandemi Covid-19, Laskar Indonesia Pusaka kembali menyelenggarakan Festival Bedhayan 2023.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Berkolaborasi dengan Yayasan Swargaloka dan Jaya Suprana School of Performing Arts, Festival Bedhayan III bakal digelar pada 13-14 Mei 2023, di Ohmmstay Yogyakarta.

Festival Bedhayan bertujuan untuk melestarikan dan mengembangkan serta memperkenalkan pusaka kerajaan Jawa zaman dahulu yaitu tari Bedhaya.

"Sebagai pengembangan Tari Bedhoyo yang merakyat, Tari Bedhayan merupakan warisan kebudayaan Nusantara yang memiliki makna tersendiri secara tiada duanya di marcapada ini,"  kata Founder Jaya Suprana School of Performing Arts, Jaya Suprana, melalui keterangan resminya, Jumat (5/5).

Festival akan menghadirkan 12 sanggar tari dan 9 akademisi seni tari dan pengamat budaya keraton. Sedangkan Lokakarya digelar pada 13 Mei 2023, diisi Wahyu Santoso Prabowo, dengan tema "Membedah Bedhaya, Filosofi dan Irama".

Selama Festival Bedhayan berlangsung juga dimeriahkan kehadiran UMKM produk lokal wastra serta aneka jajanan tradisional makanan dan minuman.

Bedhayan berasal dari kata Bedhoyo, merupakan bentuk tarian klasik Jawa yang merupakan salah satu karya agung bangsa Indonesia. Bedhoyo ditarikan secara gemulai dan meditatif, mengandung berbagai makna spiritual.

Bedhoyo pada zaman dahulu hidup dan berkembang di kalangan keraton. Tarian Bedhoyo merupakan hasil inspirasi raja terkait suatu peristiwa tertentu yang disajikan dalam bentuk sangat simbolik.rmol news logo article
EDITOR: ACHMAD RIZAL

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA